Dalil-dalil Keutamaan Zikir - Atorcator
Latest Update
Fetching data...

Senin, Mei 13, 2024

Dalil-dalil Keutamaan Zikir

Ilustrasi @mid


Penulis: Zainur Rahman

Zikir merupakan sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT. Zikir selalu menjadi senjata paling ampuh untuk mengatasi segala problem kehidupan.


Tidak sedikit, orang yang selalu mengistiqamahkan zikir, hatinya selalu diliputi ketenangan. Bahkan tak sedikit pula yang rezekinya dilancarkan.

Dengan selalu mengingat Allah swt. Maka Allah pun akan mengingat kita. Sebagaimana firman Allah swt.

فَا ذْكُرُوْنِيْۤ اَذْكُرْكُمْ وَا شْکُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ

"Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 152)

Tsabit Al-Banni suatu ketika pernah berkata: "Aku tahu kapan Tuhanku mengingat aku". Orang-orang pun kaget mendengarnya, lalu mereka berkata, "Bagaimana anda bisa mengetahui hal itu?" Dia berkata "apabila aku berzikir (ingat) kepada Allah swt., maka Dia pasti ingat kepadaku." (Kitab Adda'awatul mustajabah wa mafatihul farj: 22)

Allah swt. berfirman,

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اذْكُرُوْا اللّٰهَ ذِكْرًا كَثِيْرًا 

"Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya," (QS. Al-Ahzab 33: Ayat 41)

Allah swt. berfirman,

اُتْلُ مَاۤ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَ قِمِ الصَّلٰوةَ    ۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَا لْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ   ۗ وَا للّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ

"Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (sholat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-'Ankabut 29: Ayat 45)

Abdullah bin Abbas RA mengatakan, ayat ini memiliki dua kemungkinan makna. Pertama, bahwa mengingatnya Allah swt. kepada kalian jauh lebih agung daripada mengingatnya kalian kepada Allah swt. Kedua, bahwa ibadah zikir lebih agung daripada semua ibadah lainnya". (Kitab Adda'awatul mustajabah wa mafatihul farj: 25)

Tentu masih banyak ayat-ayat lain yang menjelaskan keutamaan zikir kepada Allah swt.

Rasulullah SAW bersabda yang diriwayatkan oleh Ibnu hibban, Ath-Thabrani dalam ad-Du'a', Al-Baihaqi dalam Asy-Syu'ab, dari hadis Mu'adz bin Jabar RA.:

أي الأعمال أفضل ؟ فقال : أن تموت ولسانك رطب بذكر الله عز وجل

"Amalan apa yang paling utama? Lalu beliau bersabda, kamu mati sementara lisanmu basah oleh zikir kepada Allah swt."

Masih banyak hadis hadis lain yang bisa dijadikan rujukan untuk menguatkan dan memantapkan zikir kita kepada Allah swt.